Tahap Persiapan Permukaan Lantai Beton untuk Pengecatan Epoxy Lantai

Persiapan Permukaan Lantai Beton

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya dalam faktor yang mempengaruhi ketahanan cat epoxy lantai bangunan Anda, bahwa pada dasarnya cat pelapis khusus lantai, cat epoxy lantai memiliki keunggulan akan ketahanannya yang bertahan lama sehingga cat epoxy lantai cenderung memiliki umur yang lebih lama. Namun, ketahanan cat epoxy lantai ini dapat bertahan lama bergantung pada beberapa faktor ini. Salah satunya adalah proses persiapan permukaan lantai beton yang akan dilakukan pengecatan epoxy lantai. Jika cat epoxy lantai diterapkan secara sembarangan atau dalam kondisi yang salah, maka Anda mungkin akan mendapatkan lantai Anda mulai mengelupas, melepuh, atau gagal dalam waktu singkat.

Untuk itu, sangatlah penting bagi Anda mempersiapkan permukaan lantai beton Anda dengan baik dan benar sebelum pelapisan diterapkan. Berikut ini adalah beberapa tahap persiapan permukaan lantai beton yang baik dan benar yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menerapkan cat epoxy lantai.

Penilaian dan Pengujian

Anda harus memiliki pemahaman rinci tentang fasilitas Anda yang ada pada lantai beton tersebut dan tantangan/beban yang mungkin terjadi pada lantai beton yang akan Anda aplikasikan cat epoxy lantai tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan beberapa tes untuk mengidentifikasi masalah tersembunyi yang dapat mempengaruhi keberhasilan pelapisan cat epoxy lantai Anda tersebut. Tes ini bisa meliputi:

  • Uji Kelembapan

Uap air yang masuk ke dalam beton, baik itu dari tanah atau bagian dari proses penyembuhan beton yang sedang berlangsung, dapat menyebabkan lapisan lantai meluap atau melepuh dengan cepat. Untuk itu, perlu bagi Anda menguji kelembapan lantai beton Anda untuk mencegah kerusakan lapisan epoxy lantai untuk terjadi. Anda bisa menggunakan alat Protimeter untuk mengecek kadar air pada permukaan lantai beton Anda tersebut dan hasilnya harus ≤ 16%. Selain itu, Anda juga dapat mengecek kadar alkali pada permukaan lantai beton Anda tersebut dengan Universal pH Indikator dengan hasil pH-nya harus 7-8.

  • Uji Senyawa Penyembuhan

Terkadang senyawa kimia akan ditambahkan pada permukaan lantai beton dengan segera setelah cat epoxy lantai dituangkan untuk membantu proses penyembuhan. Namun, terkadang senyawa ini dapat mengganggu beberapa lapisan cat epoxy lantai. Untuk itu, Anda perlu memeriksa apakah senyawa kimia tersebut cocok untuk lapisan cat epoxy lantai Anda.

Memperbaiki dan Mempersiapkan Permukaan Lantai Beton

Permukaan lantai beton yang tidak rata dapat menyebabkan masalah pada proses pelapisan akhir (finishing) dan juga dapat menciptakan masalah keselamatan. Untuk itu, setiap retakan yang ada pada lantai beton Anda harus diperbaiki dan diisi.

Pembersihan Menyeluruh

Begitu permukaan lantai beton Anda telah diperbaiki dan bertekstur, maka kemungkinan besar Anda akan membutuhkan pembersihan yang mendalam kembali. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua minyak dan residu telah dikeluarkan. Untuk pembersihan menyeluruh, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa metode pembersihan, termasuk pembersihan uap, pencuci asam, atau pencucian tekanan. Hal ini sangat penting dilakukan agar permukaan lantai beton Anda terbebas dari kotoran, debu, dan noda lainnya sebelum pelapis lantai cat epoxy lantai diterapkan, karena noda maupun kotoran dapat terjebak di bawah lapisan dan meninggalkan bekas tahan lama pada hasil akhir.

Itulah beberapa tahap persiapan permukaan lantai beton yang baik dan benar yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk menerapkan cat epoxy lantai. Jika Anda merasa kesulitan dalam proses persiapan maupun pengerjaan pengecatan epoxy lantai ini, maka Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai dari hargacatepoxy.com. Dengan menggunakan jasa epoxy lantai dari hargacatepoxy.com ini, tidak hanya pengerjaan Anda yang semakin mudah, tetapi permukaan lantai beton Anda pun menjadi rapi, bersih, dan indah serta keamanan, kekuatan, dan ketahanan lantai beton Anda dapat terjamin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *