Top 4 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Menerapkan Cat Epoxy Lantai

Menerapkan Cat Epoxy

Apakah Anda sudah merencanakan untuk pemasangan epoxy lantai sendiri? Jika ya, maka artikel ini “harus Anda baca” jika Anda ingin menghindari kesalahan paling umum yang dibuat orang saat menerapkan cat epoxy lantai. Berikut ini adalah 4 kesalahan yang paling sering terjadi terkait dengan kegagalan lantai atau masalah penampilan cat epoxy lantai.

  1. Persiapan Lantai yang Buruk

Persiapan lantai yang buruk adalah alasan yang paling umum untuk terjadinya kegagalan epoxy lantai atau hasil akhir yang buruk, seperti mengelupas atau delaminasi epoxy lantai dan fisheyes. Hal ini terjadi karena banyak orang yang meremehkan betapa pentingnya mempersiapkan permukaan lantai secara benar. Permukaan tidak hanya harus bebas dari noda minyak, wax, dan kontaminan lainnya, tetapi pori-pori di permukaan beton pun perlu dibuka dengan benar. Untuk itu, maka perlu bagi Anda menghaluskan permukaan beton saat mempersiapkan epoxy lantai yang lebih baik lagi.

  1. Kelembapan di Dalam Permukaan Beton

Kesalahan ini biasanya terjadi karena Anda tidak membiarkan beton mengering dengan baik. Bergantung pada suhu dan kelembapannya, Anda harus membiarkan permukaan beton minimal 24 jam atau lebih agar permukaan beton menjadi kering. Jika tidak, kelembapan yang masih terjebak dalam pori-pori akan naik ke permukaan dan membuat gelembung. Tidak hanya tidak membiarkan permukaan beton mengering, Anda tidak melakukan tes kelembapan adalah kesalahan lain. Hal ini dikarenakan kelembapan di bawah permukaan dapat menciptakan tekanan hidrostatik yang akan menyebabkan epoxy lantai terpisah dari permukaan. Untuk itu, Anda bisa menghindari masalah ini dengan melakukan tes kelembapan sederhana terlebih dulu untuk menentukan apakah lantai Anda sesuai atau tidak untuk epoxy lantai tersebut.

  1. Pencampuran yang Salah

Ada banyak masalah yang berkaitan dengan pencampuran yang salah. Masalah yang paling umum terjadi adalah mencampur terlalu cepat, yang akhirnya menjebak udara dalam epoxy lantai. Jika ini terjadi, Anda akan membentuk gelembung udara di permukaan beton Anda saat pengaplikasian epoxy lantai berlangsung. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda jangan memompa mixer ke atas dan ke bawah atau menjalankan mixer terlalu cepat di dekat permukaan yang dapat menciptakan pusaran dan gelembung. Masalah lainnya adalah tidak mencampur Bagian A resin dan Part B hardener dengan benar. Perhatikan instruksi pencampuran. Jika Anda tidak mencampurkan bahan ini dengan baik, maka epoxy lantai mungkin tidak dapat mengeras dengan benar.

  1. Tidak Mengikuti Batasan Suhu dan/atau Kelembaban

Epoxy lantai yang diaplikasikan pada suhu rendah atau di bawah yang direkomendasikan mungkin tidak akan mengeras dengan benar. Sedangkan, jika Anda menerapkan epoxy lantai pada suhu tinggi, waktu yang tersedia untuk menerapkan epoxy lantai dapat dikurangi setengahnya atau lebih. Dengan demikian, akan membuat epoxy lantai Anda tidak bisa berjalan sebelum Anda mendapatkan semua untuk diterapkan. Tidak hanya itu, tingkat kelembapan yang tinggi dapat menciptakan lapisan kelembapan mikroskopik pada permukaan beton yang tidak dapat Anda lihat. Hal ini akan menyebabkan masalah adhesi yang mengakibatkan delaminasi atau pengelupasan cat epoxy lantai.

Itulah beberapa kesalahan yang paling sering terjadi terkait dengan kegagalan lantai atau masalah penampilan cat epoxy lantai. Untuk menghindari terjadinya kesalahan di atas, Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai dari hargacatepoxy.com. Dengan menggunakan jasa epoxy lantai, pengerjaan Anda akan semakin mudah, serta keamanan, kekuatan, dan ketahanan lantai Anda dapat terjamin. Jasa epoxy lantai dari hargacatepoxy.com ini tidak hanya memberikan hasil tampilan lantai Anda menjadi lebih rapi, bersih, dan indah, tetapi juga meningkatkan keamanan, kekuatan, dan ketahanan untuk lantai Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *